Tuesday 24 February 2015

EAMSC (East Asian Medical Student Conference) 2015 - Halt the Disease, Help the People

Halo semuanya! Kira-kira sebulan yang lalu AMSA-UPH barusaja mendapat suatu kehormatan untuk menjadi tuan rumah dari salah satu acara terbesar di AMSA, yaitu EAMSC (East Asian Medical Students). Berikut ini kira-kira merangkum cerita dari 6 hari yang tidak akan pernah kami lupakan :)

DAY 1 (Saturday, January 10th 2015)
East Asian Medical Students Conference tahun 2015 bertempat di Indonesia dengan tuan rumah AMSA-UPH berlangsung mulai dari tanggal 10-15 Januari 2015 dengan tema Sexually Transmitted Infection. Sebagian besar delegasi berdatangan dari pagi subuh hingga siang hari ke Ibis Hotel, Gading Serpong, sementara beberapa orang delegasi sudah tiba di Jakarta dari tanggal 9 Januari 2015. Pada malam harinya diadakan Opening Ceremony di gedung D UPH main campus. Para delegasi disambut dengan hangat, diperkenalkan dengan lagu Indonesia Raya, dan disuguhi tarian reog. Di malam harinya setelah semua kegiatan selesai, masing-masing negara diberikan waktu untuk Chapter Meeting, yaitu pertemuan delegasi dari negara yang sama untuk memikirkan apa yang akan ditampilkan saat Cultural Booth dan Cultural Night. Chapter Meeting diadakan setiap malam hingga acara Cultural Night berakhir.


DAY 2 (Sunday, January 11th 2015)
Di hari kedua ini, dilaksanakan Keynote Lecture yang dibawakan oleh Dr. Jyothi Somani, MD. FACP, Senior Consultant dan Dr. dr. Wresti Indriatmi B. MAKES, Sp.KK (K) Academic Workshop, dan Academic Workshop tentang macroscopic vaginal discharge examination + history taking dan sirkumsisi, dilanjutkan dengan small group discussion. Keynote Lecture dan Academic Workshop ini dilakukan di berbagai ruangan kelas kecil untuk mengikuti diskusi dan laboratorium untuk melakukan sirkumsisi di FK UPH, Karawaci, dari pagi hingga sore hari. Pada malam harinya dilaksanakan Welcoming Party dengan tema “90’s Neon Party” di gedung D UPH main campus. Ada tarian Mass Dance yang ditarikan bersama, dan para delegasi diajarkan tarian flash mob yang akan digunakan untuk acara Community Service. Para delegasi sangat antusias mengenakan pakaian serba putih dan merelakan muka, badan, dan pakaian dicoret-coret dengan cat UV untuk acara Welcoming Party.




DAY 3 (Monday, January 12th 2015)
Karena di hari kedua sudah diajarkan berbagai macam hal tentang Sexually Transmitted Infection di Keynote Lecture, maka dilanjutkan dengan Academic Competition di hari ke 3 ini. Kompetisi yang diadakan antara lain adalah Scientific Poster, Scientific Paper, Public Poster, dan Movie Competition, dan semua bertemakan Sexually Transmitted Infection. Delegasi yang mengikuti kompetisi ini sudah dilatih sejak sebelum keberangkatan mereka ke Indonesia, sehingga pada hasilnya setelah kompetisi berakhir, para juri sulit untuk memutuskan urutan juara 1, 2, dan 3. Academic Competition ini berlangsung dari pagi hingga sore hari. Dan pada malam harinya diadakan AMSA International Booth yaitu Cultural Booth di mana setiap negara diperkenan untuk membuka booth berisi keunikan negara mereka masing-masing, boleh berisi makanan khas, permainan khas, pernak-pernik khas, brosur tentang pariwisata negara mereka bahkan banyak delegasi yang memakai pakaian khas negara masing-masing. Setiap orang boleh berkeliling ruangan mampir ke booth demi booth, mencicipi makanan khas dan menikmati keunikan setiap negara.




DAY 4 (Tuesday, January 13th 2015)
Di hari ini ada kegiatan special karena semua delegasi diajak untuk berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, menikmati pesona Indonesia, belajar alat musik daerah dan tarian daerah, diajarkan membuat pernak-pernik khas Indonesia, dan mencicipi nikmatnya makanan dan minuman tradisional Indonesia. Untuk makan siang hari ini sangat unik karena disajikan nasi tumpeng mini untuk setiap orang delegasi. Di malam harinya, delegasi diajak untuk melihat Museum Bank Indonesia dan merasakan suasana “Night At The Museum” bersama. Sungguh sangat menarik karena acara yang dilakukan hari ini semuanya adalah tentang pengenalan budaya Indonesia kepada para delegasi.


DAY 5 (Wednesday, January 14th 2015)
Sebagai mahasiswa kedokteran, hari ke 5 ini diadakan Hospital Visit yaitu kunjungan dan observasi beberapa rumah sakit di Jakarta, antara lain adalah Siloam Hospital Lippo Village, Rumah Sakit Umum Siloam, Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC), dan Rumah Sakit Betsaida. Lalu dilanjutkan dengan Community Service yaitu melakukan Flash Mob di sepanjang taman UPH main campus, dan setelah itu membagikan flyer dan gelang kepada setiap orang yang lewat di daerah itu. Malamnya diadakan Cultural Night di The Springs Club, Gading Serpong. Acaranya adalah delegasi dari satu negara dipersilakan untuk menampilkan suatu show di depan panggung dan menghibur delegasi lain yang sedang makan malam, dan begitu juga delegasi lainnya berurutan per negara. Semuanya sangat menikmati show yang ditampilkan dari masing-masing negara dan menjadi hiburan yang tidak terlupakan di saat makan malam terakhir di Indonesia.



DAY 6 (Thursday, January 15th 2015)

Di hari terakhir EAMSC 2015, para delegasi diantar kembali ke gedung D UPH main campus untuk mengikuti sesi dari AMSA International dan ada pengumuman untuk para pemenang Academic Competitions yang dilaksanakan pada hari ketiga. Beberapa delegasi terpaksa harus undur diri terlebih dahulu karena sudah saatnya untuk kembali ke negara masing-masing berdasarkan jam penerbangan yang mereka beli. Lalu dilanjutkan dengan Closing Ceremony yang diadakan di Soccer Field UPH dimana para delegasi menonton pertunjukkan dari Marching Band Universitas Indonesia, dan diakhiri dengan pelepasan balon yang menjadi tanda bahwa kegiatan EAMSC 2015 telah selesai. Acara ini akan terus dikenang dan menjadi kenangan yang indah dan patut diingat, tetapi tidak untuk diulang, tidak untuk waktu dekat ini…


With initiative, great plan becomes a real action. 
So INITIATE now! Inspiring, Impacting, Passionate!
VIVA AMSA-UPH!

0 comments:

Post a Comment

 
;