Tuesday 5 February 2013

Mengenal Tumor dan Kanker


Mendengar berita bahwa salah satu kerabat dekat divonis memiliki tumor atau kanker oleh dokter, tentu membuat kita was-was. Pasalnya kanker dikenal sebagai salah satu “pembunuh” dengan korban terbanyak, terutama di negara berkembang.  Sedangkan tumor sendiri dikenal sebagai cikal bakal terbentuknya kanker.
Namun, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan tumor dan kanker? Bagaimana perkembangannya sampai bisa menyebabkan kematian? dan bagaimana agar kita terhindar dari bahayanya? Mari kita lihat lebih dekat! 
Pada dasaranya, pertumbuhan jaringan yang tidak normal di dalam tubuh disebut tumor. Ada dua jenis tumor yaitu tumor jinak (alias benign tumor) dan tumor ganas (alias malignant tumor yang biasa juga disebut kanker).
Berbeda dengan benign tumor yang masih bersifat jinak dan cenderung tidak menyebar, malignant tumor memiliki bisa berkembang yang sangat cepat. Bentuk dari malignant tumor pun lebih tidak beraturan.


Ada tiga tahap yang dilalui sel tumor sebagai proses perkembangannya . Ketiga tahap yang disebut  tahap karsinogenik tersebut antara lain:
1. Inisiasi
Ini adalah tahap saat sel tumor mulai muncul karena adanya faktor yang menyebabkan mutasi DNA.
2. Promosi
Pada tahap ini, setelah terjadi mutasi, promotor akan mempuat sel terus berpoliferasi dan menghasilkan sel anak yang berumur lebih panjang.
3. Progresi
Tahap ini merupakan tahap perkembangan benign tumor rmenjadi malignant tumor.


Penyebab kanker
Kaker dapat disebabkan oleh zat- zat kimia yang masuk ke tubuh, radiasi, bakteri atau virus, dan faktor keturunan. Faktor- faktor tersebut menimbulkan perubahan sifat homeostasis dalam tubuh, dan mempengaruhi regulasi pembelahan serta pertumbuhan sel.
Di dalam tubuh, terdapat gen- gen yang berperan dalam sitesis protein yang digunakan untuk mengatur pembelahan sel. Bila terjadi mutasi pada gen- gen tersebut, makan akan menimbulkan  pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Sel yang membelah dan tubuh secara tidak terkendali itu lah yang disebut sel tumor/ kanker. Ketiga gen yang memiliki peran penting dalam perubahan suatu sel sehat menjadi tumor/ kanker antara lain:
1. Oncogene
Oncogene adalah hasil mutasi dari proto- oncogene. Pada dasarnya, proto- oncogene adalah gen normal yang mensintesis protein yang biasa ikut ambil bagian dalam regulasi pertumbuhan sel atau dalam poliferasi sel. Gen in iberperan sebagai faktor pertumbuhan.
Kira-kira beginilah cara kerja proto- oncogene dalam kontrol pembelahan sel yang normal
Saat proto- oncogene bermutasi menjadi oncogene, yang terjadi bisa perubahan cara kerja protein atau kelebihan produksi protein itu sendiri. Bila protein yang disintesis terlalu banyak, maka sel akan terus membelah tanpa bisa dikendalikan. Pemebelahan-pembelahan tidak terkendali tersebut menghasilkan sel tumor.
2. Tumor-supressor gene (TSG)
Dalam regulasi pembelahan sel, Tumor-Supressor Gene bertugas mengekspresikan protein yang berkerja sebagai penghambat pembelahan sel. TSG juga bertugas untuk mendorong terjadinya  apoptosis.
Beginiliah cara kerja TSG.

Bila diilustrasikan, pada pembelahan sel, TSG berfungsi seperti rem bekerja untuk memperlambat laju mobil. Saat terjadi mutasi,  TSG akan kehilangan kemampuan untuk melakukan tuganya semula. Akbatnya? Bayangkan saja bila rem pada mobil tidak berfungsi. Mobil akan terus melaju tanpa terkendali, seperti itu pula pembelahan sel tanpa TSG yang bekerja dengan baik. sel akan terus membelah tanpa ada faktor penghambat dan pengendali. Hal ini yang menyebabkan sel berubah menjadi sel tumor.

3. DNA repair gene
DNA repair gene bertugas saat terjadi kesalahan dalam replikasi DNA sebagai gen yang memperbaiki kesalahan tersebut. Bila terjadi mutasi dan gen ini tidak bekerja dengan baik, maka keasalah yang yang seharusnya bisa diperbaiki, tidak bisa lagi diperbaiki dan ,menyebabkan kesalahan sintesis protein serta terjadinya sel tumor.

Metode penyembuhan kanker
Kini ada beberapa terapi yang ditawarkan untuk menyembuhkan atau sekedar meringankan dampak kanker, antara lain
1. Terapi pada gen
Terapi ini disesuaikan dengan gen apa yang menyebabkan timbulnya tumor atau kanker.



2. Stem cell
Belum banyak yang mengenal stem cell sebagai metode oenyembuhan penyakit. Stem cell sebenarnya adalah bahan baku pembuat sel baru dan sehat di dalam tubuh. Metode ini diawali dengan kemoterapi untuk melemahkan sel kanker, kemudian stem cell dimasukkan ke dalam tubuh untuk menghasilkan sel-sel baru dan sehat.

Kanker memang penyakit yang sangat berbahaya. Karena itu sudah selayaknya kita hindari dengan memulai pola hidup yag lebih sehat.
Hidup sehat mulai dari sekarang, menghindarkan kita dari keganasan kanker. J




0 comments:

Post a Comment

 
;